1.Perangkat input
Perangkat input komputer (
perangkat masukan atau input devices)
adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan
perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut. Beberapa
perangkat masukan tersebut adalah :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104
tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai
adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin
tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter
key
2. numeric key
3. function
key
4. special
function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyalsinyal
listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung
(scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click).
Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.
c. Touchpad
Unit masukan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan
lainnya. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan menggunakan
barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan
dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin
fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner
untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar
jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar
jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan
scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip
seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan
formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban
tidak harus dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis
lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Camera
Digital
Perkembangan teknologi telah
begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini
dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih
baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan
dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera
digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk
file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital
yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis
kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan
gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
2.Perangkat output
Perangkat
output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk
pengguna. Beberapa perangkat output antara lain :
a. Monitor
Komputer biasanya dihubungkan pada
peranti display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor ditunjukkan dalam Gambar
18. Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang
berbeda. Ketika membeli komputer baru, monitor biasanya harus dibeli terpisah.
Memahami karakteristik monitor
yang baik akan membantu dalam menentukan monitor terbaik untuk sistem yang
spesifik. Istilah berikut ini memiliki kaitan erat dengan monitor.
• Pixels
Elemen gambar. Tampilan layar
terdiri dari pixel atau titik kecil. Pixel diatur dalam baris melewati layar.
Tiap pixel mengandung tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).
• Dot Pitch
Ukuran seberapa dekat titik fosfor
dalam layar. Semakin bagus dot pitchnya maka kualitas tampilan akan lebih baik.
Kebanyakan monitor sekarang ini hanya memiliki 0.25 dot pitch. Beberapa
memiliki 0.22 dot pitch yang memberikan resolusi yang bagus.
• Refresh Rate
Tingkat tampilan layar direfresh.
Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz) berarti per detik. Semakin tinggi
refresh rate, maka tampilan layar akan semakin stabil. Kelihatannya akan
seperti gambar diam padahal sebenarnya selalu berkedip tiap kali elektron menabrak
dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate juga dinamakan frekuansi vertikal atau
refresh rate vertikal.
• Color Depth
Nomer
untuk warna yang berbeda dalam tiap pixel dapat ditampilkan. Hal ini diukur
dalam bit. Semakin tinggi kedalamannya, maka semakin banyak warna yang dapat
dihasilkan.
• Video RAM (VRAM)
Memori yang dimiliki oleh kartu
video. Semakin tinggi VRAM dalam kartu video, maka semakin banyak warna yang
bisa ditampilkan. Kartu video juga mengirimkan sinyal refresh untuk mengontrol
refresh rate.
• Resolution
Bervariasi tergantung nomer
pixelnya. Semakin banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin
tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam. Resolusi layar terendah
dalam PC modern adalah 640 x 480 pixel yang dinamakan Video Graphic Array (VGA).
Kini sudah hadir Super Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics Array
(XGA) dengan resolusi mencapai 1600 x 1200.
• Monitor screen sizes
Diukur dalam inci. Ukuran yang
paling umum adalah 14”, 15”, 17” 19” dan 21”, dihitung diagonal. Perhatikan
bahwa ukuran yang tampak sebenarnya lebih kecil dari ukuran yang dihitung. Hal
ini dapat diingat ketika akan mencari layar monitor untuk komputer.
• Display Warna
Warna diciptakan dengan
mengubah-ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar. 24 dan 32 bit biasanya
merupakan pilihan untuk seniman grafis dan fotografer profesional. Untuk
aplikasi yang lainnya, warna 16 bit akan sudah mencukupi. Dibawah ini merupakan
rangkuman dari kedalaman warna yang sering digunakan:
• 256 warna – 8-bit warna o 65,536 warna – 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K
or HiColor o 16 million warna – 24-bit
warna, juga dikenal sebagai True Color o 4 billion warna – 32-bit warna, juga dikenal sebagai True
Color
Monitor
berkualitas tinggi dan kartu video berkualitas tinggi diperlukan untuk
mendapatkan resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi pula.
b. Printer
Printer adalah
perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke
dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain
itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Saat pertama kali disambungkan ke komputer,
kita harus menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali
oleh komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyakknya titik
dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka semakin tajam hasil
cetakannya.
Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
1. Dot Matrik, printer jenis ini
menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, printer jenis ini menggunakan
tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer, printer jenis
menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter.
c.
Speaker
Speaker adalah
perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah
headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari
komputer melalui speaker.
d.
Proyektor
Infocus atau
juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang
dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
e.
Plotter
Plotter adalah
media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta
kegunaan yang optimal untuk objek gambar.
Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon